Nasi Pecel Berasal Dari Daerah Mana

Salah satu kuliner yang satu ini yaitu Nasi Pecel, ketahui darimana Asal Nasi Pecel atau nasi pecel berasal dari daerah mana ya? hayoo pada belom tahu ya, asal nasi pecel sebenarnya dari daerah mana sih. Padahal kita tahu nasi yang banyak digandrungi banyak orang ini memang menyajikan makanan yang berbeda dengan lainnya dan bisa jadi Anda mungkin sering membelinya untuk sarapan sewaktu akan berangkat bekerja.

Nasi Pecel Berasal Dari Daerah Mana?

Sebenarnya nasi pecel berasal dari daerah Jawa Timur, makanan khas Jawa Timur ini banyak dijual tak hanya dijawa timur saja tetapi hingga diberbagai kota lainnya. Bahkan tak sedikit yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan nasi pecel khas jawa timur meski lokasi dagangannya tak berada di Jawa Timur.

asal nasi pecel jawa timur
https://www.merdeka.com
Meski tak hanya melayani perantau dari Jawa Timur tetapi orang selain jawa timur pun banyak menggandrungi masakan yang menyajikan sayuran segar dengan campuran bumbu khas yaitu bumbu kacang sebagai inti dari nasi pecel itu sendiri.

1. Pecel Madiun
Kota ini menjadi salah satu kota yang mempopulerkan salah satu makanan khas dari jawa timur yaitu Nasi Pecel, penyajian menggunakan daun pisang sebagai wadah dari nasi pecel itu sendiri yang konon katanya juga menambah citarasa dari kuliner nasi pecel itu sendiri.

Cara membungkus nasi pecel menggunakan daun atau istilah kerennya (pincuk) yang didalamnya terdapat nasi hangat, tauge, kacang panjang, tempe, tahu, rempeyek yang diatasnya dibaluri dengan bumbu kacang yang diolah khusus supaya menghasilkan rasa yang nikmat saat disantap.

2. Pecel Ponorogo
Menjadi tetangga dekat dari Madiun, ponorogo juga menyajikan kuliner khas Nasi Pecel yang sama-sama membuat lidah kita bergoyang. Bagaimana tidak, karena ada tambahan dari sajian yang mungkin tak anda temui di tempat lainnya.

Ya "Lentho" yang terbuat dari adonan tepung, kacang, parutan singkong, kunyit, bawang, cabe juga garam ini mempunyai rasa sedikit pedas. Mungkin Anda akan sangat penasaran jika sedang berada di Ponorogo, berkunjung ke kota reog tak lengkap jika tak mencoba mencicipi Nasi Pecel Ponorogo lengkap dengan lentho.

3. Pecel Tulungagung
Masih seputar Provinsi Jawa Timur, sekitar 3 jam perjalanan dari Ponorogo. Kalau di tulungagung nasi pecel ada sedikit perbedaan pada lauknya yang untuk pembungkusnya juga sama menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Untuk lauk ada tambahan terasi yang mungkin tak kesemua orang suka dengan yang namanya terasi, akan tetapi rasa yang dihasilkan memang lebih strong karena terasi yang enak dibuat menggunakan bahan berkualitas termasuk bahan utamanya yaitu ikan.

4. Pecel Malang
Anda yang sedang berwisata ke kota Pendidikan ini bisa mampir sarapan Nasi Pecel, berisi mulai dari tempe, kacang panjang, daun kemangi, rempeyek, terancam dan ada tambahan telor ceplok diatasnya. Membayangkan saja bisa menelan ludah, jika sobat penasaran..simak ulasannya terus.

Jika tak ingin telur, Anda bisa menggantinya dengan ayam seperti di tempat kuliner Pecel Kawi Malang. Penyajian dari kuliner Nasi Pecel memang berbeda beda di tiap daerah, akan tetapi nasi pecel hangat akan sangat nikmat jika dipakai untuk sarapan atau makan pagi apalagi jika pada waktu mengunjungi tempat tersebut bersama keluarga.

Jadi jika ingin mencoba menyantap pecel dikawasan malang ketika sedang rekreasi ke Malang, akan lebih nikmat jika ketika dalam kondisi perut sedikit kosong. Jadi jika Kereta Api, Pesawat atau Kendaraan Anda sudah hampir sampai di Malang, tahan sedikit meski lapar untuk mencoba kelezatan pecel seperti di Pecel Kawi Malang mulai tahun 1975 hingga saat ini.

Sering Makan Nasi Pecel Bisa Bikin Berat Badan Turun

Di banyak kota di Indonesia, mulai dari warung, depot hingga restoran yang menyediakan menu makanan yaitu Nasi Pecel terlihat banyak digemari masyarakat. Apalagi disajikan pada pagi hari sebagai menu sarapan sangatlah cocok sekali. Sajian yang disebut "Kulupan" yaitu sayuran segar memang mempunyai nilai gizi yang lebih baik.

Banyak orang yang mempercayai bahwa sering mengkonsumsi Nasi Pecel bisa menurunkan berat badan jika dibandingkan sarapan menggunakan menu nasi lainnya, perbedaannya bisa karena dari beberapa sajian sayurannya. Berat badan yang berlebih bisa membuat kita terasa berat bahkan membuat malas untuk beraktivitas, berbeda jika mempunyai berat badan yang ideal yang membuat kita akan lebih ringan dan tak malas meski melakukan banyak aktivitas dalam sehari. Pengalaman dari seseorang yang sering mengkonsumsi Sayuran Pecel mengungkapkan bahwa dia dapat menurunkan berat badan.

Biasanya pada awal melakukan diet, pola makan memang harus berubah total. Pada pagi dan sore cenderung memilih makan Sayur dari nasi pecel tersebut, akan tetapi jika terasa lapar pada siang hari. Hal ini mengatasinya dengan mengkonsumsi buah sebagai makanan tambahan, dan untuk kegiatan fisik tetap harus dilakukan yaitu berolah raga.

Memang tak harus memilih olahraga berat, olah raga seperti lari disekitaran kawasan perumahan akan tetap baik dilakukan tetapi harus rutin dalam 3 s/d 5 kali dalam 1 minggu. Dengan program diet tersebut, dalam waktu 7 hari bisa menurunkan bobot tubuh hingga 4 Kg. Bagaimana, apakah Anda ingin mencobanya?