Pohon Peneduh Rumah dan Jalan

Kita sering merasa nyaman jika sedang berada dibawah pohon, kenali jenis Pohon Peneduh Rumah dan Jalan raya yang cocok dan banyak mudah perawatannya. Pohon peneduh akar tidak merusak, berdaun lebar, berbunga dan untuk lahan sempit.

Jenis Pohon Peneduh Rumah dan Jalan

Kita semua tahu bahwa pohon sangat banyak memberikan manfaat bagi mahluk hidup tak terkecuali manusia, mulai dari membantu memfilter polusi udara juga bisa sebagai peneduh rumah juga jalan disekitaran lingkungan tempat tinggal Anda.

Menanam pohon menjadi salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, penebangan hutan secara besar-besar akan membawa dampak buruk bagi manusia dikemudian hari. Dan menanam pohon bukti nyata kita ikut melestarikan jenis pohon tersebut, lalu apa saja pohon peneduh yang cocok di rumah atau buat ditanam di jalan pekarangan rumah.

Tabebuya
pohon tabebuya surabaya
https://parenting.orami.co.id
Pernahkah berfikir untuk mendesain taman dengan nuasa negara sakura Jepang? ya Anda bisa mencobanya dengan menanam Tabebuya, tak perlu takut tanaman akan mati atau tak bisa tumbuh subur karena berbeda iklim dari negara jepang.

Di Indonesia yang beriklim tropis dan tanah sangat-sangat subur menjadikan banyak sekali jenis tanaman atau pohon bisa tumbuh subur dan salah satunya adalah Tabebuya sendiri, salah satunya adalah di Kota Surabaya Jawa Timur.

Anda dapat menemui Tabebuya disepanjang Jl. Ahmad Yani juga Jl. Darmo dan Jl. Pahlawan yang berada di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, jika penasaran bagaimana tanamannya sebelum memutuskan untuk menanammya. Anda bisa mencoba datang ke 3 lokasi tersebut, apalagi jika pada waktu bunganya sedang mekar pada sekitaran bulan november.

Pada bulan tersebut akan banyak dikunjungi banyak penduduk lokal hingga luar Surabaya untuk melihat pesona dari Pohon Tabebuya Surabaya tersebut, bahkan terkadang terlihat ramai untuk bisa mengabadikan momen menarik 1 tahun sekali ini.

Muda mudi terlihat mencari spot yang bagus untuk bisa berfoto selfie bersama rombongannya, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya pada bulan tersebut?

Ketapang Kencana
ketapang kencana
https://gazzgazz.blogspot.com
Dahulu pohon ini jarang bahkan tak ditemui di Indonesia pada sebuah pekarangan atau taman kota di sekitar kota Anda, akan tetapi sekarang sudah banyak terlihat di berbagai sudut taman bahkan berada di pekarangan rumah dikawasan perumahan.

Berbentuk menyerupai seperti payung dengan ukuran daun kecil berbatang lurus, tanaman ini tergolong cepat besar dan rindang. Tak butuh perawatan ekstra dalam perawatan tetapi jika sudah tumbuh, cabang batang yang bertumpuk dan melebar sangat cocok untuk mempercantik taman.

Lebar daun yang kecil juga tak begitu rimbun membuat pohon ini tak mudah roboh jika diterpa angin, jadi ditanam di lahan parkir akan lebih aman dan tetap bisa melindungi kendaraan dari terik matahari. Desain tanam atau lahan parkir hotel akan banyak menggunakan Pohon Ketapang Kencana selain untuk memperindah taman juga memberikan fungsi sebagai tanaman peneduh rumah maupun jalan.

Pohon Mangga
mangga gedong gincu
jualbibittanamantop.com
Ya untuk yang satu ini bakalan semua sudan sangat familiar bahkan mungkin sudah ada pohonnya di taman rumah Anda sendiri, ya jenis pohon peneduh rumah yaitu mangga selain bisa menjadi peneduh juga dalam musim tertentu buah akan bisa dipanen selagi matang.

Atau yang suka sekali dengan makanan rujak khas jawa timur, menanam pohon mangga di rumah akan sangat cocok sakali. Tetapi perlu Anda ketahui sebelum mencoba untuk menanamnya, karena pohon ini sangat suka sekali dipakai hewan kecil yaitu semut sebagai tempat berkembang biak juga sebagai sarang.

Jika sudah paham dan tak masalah dengan hal terasebut, memilih tanaman peneduh yaitu pohon mangga bakalan teduh dan bisa memanen buahnya pada musim-musim tertentu. Jenis mangga yang bermacam macam dari gadung, golek, madu, gedong gincu atau manalagi bisa Anda pilih sebelum memutuskan untuk menanamnya.

Carilah bibit yang benar - benar bagus karena yang Anda harapkan nantinya tak hanya untuk peneduh rumah tetapi juga hasil dari pohon tersebut.

Kersen / Ceri
pohon kersen
https://radarsurabaya.jawapos.com
Sebenarnya jenis pohon peneduh rumah dan jalan yang satu ini cukup cepat tumbuh besar, mudah dibudidayakan, gampang ditemukan dan pastinya tetap menghasilkan buah meski buahnya kecil tetapi kalau lagi berbuah bisa tiap hari panen.

Pohon kersen atau cery terkadang tak sengaja ditanam tetapi malah tumbuh subur pada halaman rumah atau tanah lapang bahkan sering terlihat tumbuh pada dinding tembok rumah bahkan atap rumah seseorang.

Penyebaran pohon kersen memang sangatlah cepat, pohon ini sangat disukai oleh burung kecil seperti burung kacamata atau biasa disebut pleci. Pohon yang sedang berbuah lebat akan sering didatangi burung pleci untuk memakan buah yang sudah matang, dari sini penyebarannya bisa lebih cepat.

Pucuk Merah
tanaman pucuk merah
https://www.pma.com.au
Tanaman ini sudah lama digemari orang untuk ditanam baik ditanam dalam pot, polybag atau lahan terbuka. Jika sedang tumbuh daun baru terlihat warna merah pada daun muda atau ujung-ujungnya.

Jika dilakukan penyiraman secara rutin pada daunnya, daunnya akan mudah tumbuh daun baru dan mudah sekali lebat. Pemotongan ranting batang yang kecil secara berkala juga akan membuat daunnya akan semakin lebat yang otomatis akan mudah dibentuk baik mulai bentuk bulat, kotak atau bentuk lainnya.

Menjadi salah satu pohon peneduh halaman rumah yang cantik, dengan warna pucuk daunnya yang terlihat lebih menarik. Layaknya seperti di Kampung Warna Warni Malang yang sengaja mencat rumah dengan aneka warna supaya terlihat lebih menarik.

Jika tertarik ingin menanamnya, tak perlu bingung mencari bibit dari pucuk merah karena Anda akan mudah menemukannya di pasar bunga atau tempat penjualan aneka tanaman hias di daerah kota Anda.

Harga untuk tanaman pucuk merah tinggi 30cm antara 15 ribu hingga 20 ribu, harga tersebut bervariasi di tiap kotanya. Penempatan pada polybag bisa Anda pindahkan ke pot atau area lokasi permanen langsung, pastikan pemindahan pada sore hari untuk menghindari stres pada tanaman seusai pemindahan.

Kiara Payung
https://trubus.id
Pohon Ki Hujan atau disebut Kiara Payung (Filicium Decipiens) dengan tajuknya yang membulat dan bentuk pohonnya cenderung membulat terlihat menarik jika sudah terlihat rimbun daunnya.

Pohon yang berasal dari Asia Tropis dan Afrika ini banyak tumbuh di Indonesia, dimanfaatkan sebagai pohon peneduh taman rumah atau peneduh di jalan. Dengan ketinggian pohon bisa mencapai 25 meter dan pada bagian batang bawah terkadang bisa beberapa centimeter dari tanah.

Jika pada siang hari tanaman ini banyak di hinggapi burung liar untuk berteduh dan mencari makanan berupa ulat kecil yang kadang terdapat pada pohon ini, selain ulat pohon ini juga banyak terdapat sarang semut rangrang.

Daun yang memang sangat rimbun mempermudah semut rangrang untuk membuat sarang yaitu dengan menempelkan antar daun sehingga membentuk seperti bulatan hingga digunakan sebagai sarangnya.

Beringin
https://www.tokopedia.com
Pohon yang satu ini cocok sebagai jenis pohon peneduh jalan besar atau taman yang membutuhkan lahan kosong yang cukup luas karena beringin bisa tumbuh besar melebihi tinggi rumah, sangat rindang juga lebat. 

Jika sedang berada dibawah pohon beringin pada siang hari akan terasa nyaman, udara hasil dari proses fotosintesis menyumbang udara segar bagi kehidupan disekitarnya. Banyak burung yang juga memanfaatkan pohon beringin sebagai tempat berteduh bahkan membuat sarang, tak heran pemerintah kota sengaja menanam pohon beringin sebagai paru-paru kota.

Pengalaman saya ketika diperjalanan waktu mudik pakai agya memilih untuk berhenti di pinggir jalan tepat dibawan pohon beringin besar, beristirahat sebentar setelah perjalanan yang cukup jauh.

Memfilter banyak polutan udara baik hasil dari pembakaran mesin kendaraan atau kegiatan manusia lainnya, jika sudah besar akar dari pohon tersebut bisa menjalan puluhan meter dari lokasi pohon tersebut. Jadi sebaiknya tak menanamnya dekat dengan rumah Anda karena pohon peneduh ini bisa merusak struktur dari bangunan rumah.

Jadi jika sedang mencari jenis pohon peneduh akar tidak merusak rumah, menanam pohon beringin bukanlah pilihan yang tepat. Jika masih kecil memang tak begitu berpengaruh pada bangunan, tetapi jika sudah besar dan lokasi penanaman sangat dekat bisa mengganggu struktur dari bangunan atau rumah Anda.