Stasiun Malang Kota Baru

 Bagi masyarakat lokal sendiri pastinya dah hafal betul tentang Stasiun Malang Kota Baru (ML) atau sering disebut Stasiun Kota Baru Malang ini mulai dari lokasi alamat, jam buka, hingga jadwal kereta api stasiun malang kota baru ini. Akan tetapi bagi yang belum tahu beberapa tambahan informasi berikut semoga bisa membantu Sobat traveler.

Sebelum bicara lebih jauh tak ada salahnya donk untuk saling mengingatkan, bagi pemeluk agama Islam apakah sobat dah Sholat blom sewaktu membaca cerita berikut? kalau belum, silahkan sholat dahulu ya dan jika sudah yuks lanjutin bacanya.

stasiun malang kota baru
Indra Nugraha
Alamat : Jl. Trunojoyo No.10, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.

Stasiun Malang Kota Baru yang masuk dalam kategori stasiun tipe A atau kelas besar berada pada ketinggian +444 meter yang artinya berada 444 meter diatas permukaan laut, berada di kawasan pegunungan menjadikan stasiun malang kota baru ini berada lebih tinggi jika dibandingkan dengan stasiun di kota surabaya.

Dengan kode (ML) pada website pemesanan tiket stasiun ini menjadi stasiun terbesar di malang dengan tingkat kunjungan juga paling tinggi seMalang, berlokasi di kawasan tengah kota menjadikan stasiun malang kota baru paling sibuk diantara stasiun lainnya.

Kemudahan akses dibandingkan dengan beberapa stasiun lainnya, lokasi yang dekat dengan beberapa lokasi favorit misalnya taman trunojoyo, Kampung Warna Warni Malang, balaikota malang, tugu malang yang masing - masing berjarak kurang dari 1 kilometer saja.

Tak hanya itu saja, untuk yang sedang mencari Kuliner Dekat Stasiun Malang memang banyak sekali pilihan tempat makan juga lokasinya disekitaran kawasan Stasiun Malang. Jadi jika sedang mempunyai rencana jalan-jalan ke Malang menggunakan jasa kereta api dari kota Anda pastikan memilih "Stasiun Malang Kota Baru" untuk kemudahan perjalanan berikutnya, misalnya dari Stasiun Malang ke Batu bakal lebih mudah mengingat layanan transportasi di Stasiun Malang lebih banyak pilihannya.

Sejarah Stasiun Malang Kota Baru
Sejak dibangunnya jalur rel kereta api yang menghubungkan dari Surabaya - Pasuruan - Malang di tahun 1870, stasiun malang dibangun untuk memudahkan pengangkutan hasil bumi yaitu perkebunan juga pertanian dari pedalaman Malang Jawa Timur untuk diangkut dan dibawa ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Awal dari bentuk bangunan stasiun malang kota baru ini tak seperti sekarang ini karena dahulu bentuk dari stasiun ini perpaduan antara Neoklasik dan Indische hingga mengalami beberapa kali perubahan hingga pada tahun 1941 mengalami perubahan dan perbesaran yang kemudian diberi nama Stasiun Malang Kota Baru hingga sampai saat ini.

Fasilitas Stasiun Malang Kota Baru
Parkir, Akses difabel, Area komersial, Layanan pelanggan, Sepeda, Ruang VIP, Area merokok, Toilet, Boarding pass, Galeri ATM, Mushola, Pos kesehatan, Ruang ibu menyusui

Layanan Kereta Api Stasiun Malang
Layanan kereta api yang sampai sekarang dilayani baik kedatangan atau keberangkatan sebagai berikut :

Kelas eksekutif
Gajayana (reguler dan fakultatif), dari dan tujuan Jakarta via Blitar-Madiun-Yogyakarta-Purwokerto (tersedia kereta eksekutif jenis luxury pada jadwal reguler)Bima, dari dan tujuan Surabayabersambung Jakarta via Madiun-Yogyakarta-Purwokerto

Kelas campuran
Mutiara Selatan, dari dan tujuan Surabayabersambung Jakarta via Madiun-Yogyakarta-Bandung (eksekutif-ekonomi premium)Malabar, dari dan tujuan Jakarta via Blitar-Madiun-Yogyakarta-Bandung (eksekutif-bisnis-ekonomi)Jayabaya, dari dan tujuan Surabayabersambung Jakarta via Bojonegoro-Cepu-Semarang (eksekutif-ekonomi plus)Malioboro Ekspres, dari dan tujuan Yogyakarta (eksekutif-ekonomi plus)

Kelas ekonomi premium
Songgoriti, dari dan tujuan Surabaya

Kelas ekonomi plus
Majapahit, dari dan tujuan Jakarta via Blitar-Madiun-Semarang

Kelas ekonomi
Matarmaja (reguler dan tambahan), dari dan tujuan Jakarta via Blitar-Madiun-SemarangTawang Alun, tujuan Malang Kotalama dan tujuan Bangil bersambung Banyuwangi

Lokal ekonomi
Penataran, tujuan Blitar dan tujuan Surabaya (Gubeng atau Kota)Tumapel, dari dan tujuan Surabaya (lebih sering disebut sebagai KA Penataran juga)

Barang
Parcel ONS (over-night service), dari dan tujuan Jakarta via Blitar-Kediri-Madiun-Yogyakarta